Foto untuk : AIR MINUM MENGALIR KE BERKONG

AIR MINUM MENGALIR KE BERKONG

“Setelah Ratusan tahun, baru kali ini ada air kran di dapur” demikian ungkapan Kasatlak Program Pamsimas III Desa Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo yang disampaikan dalam acara Uji Fungsi dan Serah Terima pekerjaan dari KKM Banyumas kepada KPSPAMS Banyumas, Minggu (9/2/2020)
Bappeda Kabupaten Situbondo, melalui Pokja AMPL telah mengkawal Program Pamsimas di Kabupaten Situbondo sejak enam tahun lalu.Tahun 2019 Desa Kayumas menjadi salah satu desa sasaran yang difokuskan di Pedukuhan Berkong, Dusun Cotthok yang berjarak sekitar 4 Km dari Balai Desa Kayumas dengan menempuh jalan sholawat yang terjal, licin dan berbatu menyusuri bukit dan lembah.
Satlak dan KKM Banyumas Desa Kayumas telah berhasil menggiring seluruh warga Pedukuhan Berkong untuk bekerja secara gotong royong membangun fasilitas air minum yang bersumber dari hutan di pinggiran Pedukuhan Berkong selama kurang lebih 6 bulan dengan anggaran 415 juta yang bersumber dari APBD, APBDes, In kind serta In cash dari warga Pedukuhan Berkong. Sebagai wujud rasa syukur warga atas rahmat air minum yang saat ini dekat dengan mereka, seluruh warga Pedukuhan Berkong yang terdiri dari 104 KK melakukan selametan yang disaksikan oleh Camat Arjasa, Perwakilan Tim Pamsimas Kabupaten (DPUPR dan Bappeda) serta para Pendamping Program Pamsimas. Sudarto, selaku Camat Arjasa menjadi saksi kunci atas penyerahan tanggung jawab dari KKM Banyumas kepada Bapak Iis sebagai Ketua KPSPAMS Banyumas. Selanjutnya beliau berpesan supaya warga Pedukuhan Berkong dapat menjaga air dan memanfaatkan sebagaimana mestinya supaya air dapat terus mengalir hingga anak cucu kita nanti.
Kemeriahan hadrah melantunkan aneka Sholawat yang dimainkan para pemuda dan anak-anak Pedukuhan Berkong, menambah suasana haru dari semua yang hadir dalam acara tersebut. Di akhir acara warga berharap Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah dapat memberikan perhatian yang sama untuk warga Pedukuhan Serguk yang bersebelahan dengan Pedukuhan Berkong, yaitu penyediaan air minum hingga ke rumah warga. Selain itu, warga Pedukuhan Berkong telah berencana untuk melaksanakan reboisasi/penghijauan dalam rangka Pemeliharaan Daerah Tangkapan Air (PDTA).