Foto untuk : BAPEDA dan PPDI Situbondo Gelar Pelatihan Perencanaan Penganggaran Inklusi

BAPEDA dan PPDI Situbondo Gelar Pelatihan Perencanaan Penganggaran Inklusi

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan Yakkum Asia Foundation menggelar Program Peduli Pilar Disabilitas melalui Pelatihan dan Penganggaran Pembangungan Inklusi Kabupaten Situbondo, Senin (22/01/2018).

Kegiatan yang berlangsung hingga Selasa, bertempat di Balai Pelatihan Gedung Olahraga Jl PB Sudirman tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeda beserta jajarannya, para pengurus PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) Cabang Situbondo dan melibatkan semua perencana Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya Dispendukcapil, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Dinas Pariwisata, Dinas Penanaman Modal, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan, Dinas Pendidikan.

Kepala Badan Percanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Situbondo, Drs. H. Haryadi Tejo Laksono, Msi. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan penganggaran pembangunan inklusi ini mendukung Visi Misi Bupati Situbondo agar berbagai pembangunan daerah ini pro kaum disabilitas. “Dalam Pelatihan ini, seluruh Perencana OPD dilibatkan, harapannya bahwa pada Musrembang Kecamatan dan Musrenbang Kabupaten nanti usulan pembangunan inklusif sudah masuk ke usulan perencanaan dan program kegiatan Tahun Anggaran 2019 sehingga harapan Bupati bahwa Kabupaten Situbondo ini nantinya bisa menjadi pelopor Kabupaten ramah disabilitas bisa terwujud,” paparnya.

Sementara, Ketua PPDI Cabang Situbondo, Luluk Ariyantiny mengatakan “Selama ini kalau di Dinas Kesehatan Program Infrastruktur dan Program Kerjanya sudah ramah kaum disabilitas. Kita tidak akan mengubah rencana kerja tiap-tiap OPD, tapi kami akan menyisipkan isu isu disabilitas dalam perencanaan anggaran tersebut.”

Luluk menyambung bahwa diselenggarakannya pelatihan ini bukan hanya sekedar agar fasilitas publik untuk kaum disabilitas merata, tetapi sifatnya lebih kepada Advokasi Anggaran Pembangunan, agar di tiap OPD bisa menyentuh isu isu disabilitas dan ramah disabilitas sesuai dengan yang telah disampaikan Bupati Situbondo pada Launching Situbondo Ramah Disabilitas yang bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional, 3 Desember 2017 lalu.