Foto untuk : BAPPEDA KABUPATEN SITUBONDO GELAR FINALISASI DATA ANALISIS KEMISKINAN PARTISIPATIF (AKP) 2017

BAPPEDA KABUPATEN SITUBONDO GELAR FINALISASI DATA ANALISIS KEMISKINAN PARTISIPATIF (AKP) 2017

TERCAPAINYA IMPLEMENTASI DATA TUNGGAL DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI SITUBONDO.

SITUBONDO (30/11/2017) - Dalam mewujudkan percepatan penanggulangan kemiskinan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Situbondo menggelar Finalisasi Data Analisa Kemiskinan Partisipatif (AKP) Kabupaten Situbondo Tahun 2017 bertempat di Ruang Rapat Graha Graha Wiyata Praja (Aula Lantai II) Sekretariat DaerahKabupaten Situbondo, Kamis 30 November 2017. Acara Finalisasi ini dihadiri oleh Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi,M.Si.,Kepala Bappeda Kabupaten Situbondo Drs. H. Haryadi Tejo Laksono,M.Si, para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi terkait, Camat se-Kab. Situbondo, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) se- Kabupaten Situbondo, serta puluhan Kepala Desa dan Tim Entry Data yang masih memproses finalisasi data AKP nya.Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kab. Situbondo, Drs. H. Haryadi Tejo Laksono, M.Simengungkapkan tentang maksud dan tujuan Finalisasi Data AKP ini.

Kepala Bappeda menyampaikan bahwa melalui finalisasi data AKP ini diharapkan dapat diperoleh Data Rumah Tangga Miskin yang akurat sebagai bahan penyusunan kebijakan dan pengambilan keputusan penanganan penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran. Selain itu, diharapkan upaya penanggulangan kemiskinan yang selama ini cenderung bersifat parsial dan tidak berkelanjutan menjadi upaya penanggulangan kemiskinan yang bersifat holistik-integratif dan terkoordinasi. Kedua hal ini sudah seharusnya menjadi semangat utama dari kegiatan AKP, mengingat pendataan AKP setiap tahun selalu diverifikasi dan divalidasi karena data penduduk ini merupakan data dinamis, sehingga upaya penanggulangan kemiskinan akan menjadi tepat sasaran.

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa dalam rangka menjawab tantangan akan dinamisasi data kemiskinan yang menuntut inovasi & akselerasi terus – menerus, Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Bappeda meluncurkan sebuah Sistem Aplikasi berbasis komputer yang bersifat open source, guna menyediakan informasi data dasar penduduk secara umum dan data dasar penduduk miskin secara khusus.

Dengan finalisasi data AKP ini, diharapkan tidak ada lagi perbedaanantara data penduduk miskin Daerah dan Pusat. Dengan data antara Daerah dan Pusat yang selaras dan tersinkronisasi,diharapkan akan meminimalisir tingkat kesalahan dalam penentuan Program Perlindungan Sosial Pusat dan Daerah seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), Beras Sejahtera (Rastra), Program Beasiswa Miskin,dsb.

Wakil Bupati Situbondo, H. Yoyok Mulyadi, M.Si.,saat membuka secara resmi finalisasi data ini, menyampaikan apresiasi kepada desa-desa yang telah berhasil mengusahakan agar data AKP telah selesai tepat waktu. Menurut Wakil Bupati, hal ini merupakan bentuk nyata upaya Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui kepanjangan tangannya di desa-desa untuk menanggulangi kemiskinan. Selain itu beliau menekankan pentingnya AKP sebagai Basis Data Tunggal Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Situbondo yang wajib digunakan oleh seluruh Pemerintahan Desa dan tiap Perangkat Daerah serta Institusi dalam rangka Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Situbondo.

Mengingat urgensi dari finalisasi data AKP, Wakil Bupati Situbondo juga memberikan teguran kepada desa-desa yang gagal menyelesaikan data AKP tepat waktu. Hingga berita ini diturunkan, terdapat 18 desa dan 2 kelurahan yang belum menyetorkan hasil rekapitulasi data AKP, serta terdapat 18 desa yang belum menyelesaikan administrasi penetapan dan blangko AKP nya. Wakil Bupati melalui Kepala Bappeda Situbondo memberikan piagam kepada desa-desa yang berhasil menyelesaikan data AKP tepat waktu. Dalam kesempatan ini diserahkan piagam penghargaan secara simbolis, yang diterima oleh Kepala Desa Bletok sebagai perwakilan desa yang berhasil menyelesaikan data AKP tepat waktu. Sedangkan untuk desa-desa yang tidak berhasil menyelesaikan data AKP tepat waktu, turut diberikan sertifikat yang bertujuan untuk memacu kinerja desa yang bersangkutan dalam program penanggulangan kemiskinan di kesempatan yang akan datang. Sertifikat ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Situbondo melalui Kepala Bappeda kepada Camat Situbondo dan Tim Entry Data AKP Desa Tanjung kamal Kecamatan Mangaran.

Kegiatan Finalisasi Data AKP ini dilanjutkan dengan kegiatan entry data yang dilakukan oleh tim AKP desa bersama tim AKP Bappeda Situbondo. Diharapkan kegiatan ini dapat mempercepat penyelesaian data AKP pada desa-desa yang mendapat teguran dari Wakil Bupati. Bappeda Kab. Situbondo beserta tim AKP Kabupaten bertekad mengawal kesuksesan finalisasi data AKP. Oleh karena itulah Bappeda merasa optimis bahwa aplikasi ini akan menjadi sebuah terobosan bagi efisiensi & efektivitas serta percepatan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Situbondo, tentunya dengan kerjasama serta dukungan semua pihak secara bersama – sama dan terpadu.