Foto untuk : BAPPEDA SITUBONDO GELAR PELATIHAN VALIDASI DATA AKP TAHUN 2018

BAPPEDA SITUBONDO GELAR PELATIHAN VALIDASI DATA AKP TAHUN 2018

UPAYA NYATA BAPPEDA SITUBONDO DALAM MEMVALIDASI DATA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN SITUBONDO.

SITUBONDO (22/3/2018) - Dalam rangka meningkatkan kompetensi tim entry data dan pendata Analisa Kemiskinan Partisipatif (AKP) guna mendapatkan data tunggal yang valid sebagai bagian dari upaya penanggulangan kemiskinan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Situbondo menyelenggarakan Pelatihan Validasi Data Analisa Kemiskinan Partisipatif (AKP) Kabupaten Situbondo Tahun 2018 bertempat di Ruang Rapat Graha Wiyata Praja (Aula Lantai II) Sekretariat Daerah Kabupaten Situbondo, Kamis-Jumat, 22-23 Maret 2018. Acara Pelatihan Validasi ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Situbondo Drs. H. Haryadi Tejo Laksono, M.Si, Yusuf Murtiono selaku Narasumber dari Formasi Kebumen Jawa Tengah, para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi terkait, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) se-Kabupaten Situbondo, serta ratusan tim entry data dan pendata AKP.

Dalam sambutannya, Kepala Bappeda Kab. Situbondo, Drs. H. Haryadi Tejo Laksono, M.Si mengungkapkan tentang maksud dan tujuan Pelatihan Validasi Analisa Data AKP ini. Haryadi menyampaikan bahwa pelatihan validasi data AKP ini diharapkan menjadi momentum untuk memperoleh Data Rumah Tangga Miskin yang akurat di tahun 2018. Hal itu merupakan syarat tercapainya penyusunan kebijakan dan pengambilan keputusan penanganan penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran.

Selain itu, diharapkan upaya penanggulangan kemiskinan yang selama ini cenderung bersifat parsial dan tidak berkelanjutan menjadi upaya penanggulangan kemiskinan yang bersifat holistik-integratif dan terkoordinasi. Validasi merupakan bagian penting dari pendataan AKP, karena data penduduk dipandang sebagai suatu data yang dinamis, sehingga upaya penanggulangan kemiskinan akan menjadi tepat sasaran.

Kegiatan Pelatihan Validasi Data AKP ini dilanjutkan dengan paparan dan sesi tanya jawab dengan narasumber Yusuf Murtiono selaku Ketua Presidium Formasi Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Diharapkan melalui kegiatan ini tim entry dan pendata AKP dapat menghasilkan data AKP yang valid. Bappeda Kab. Situbondo beserta tim AKP Kabupaten bertekad mengawal kesuksesan validasi data AKP. Oleh karena itulah Bappeda merasa optimis bahwa aplikasi ini akan terus memberi efisiensi & efektivitas serta percepatan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Situbondo, tentunya dengan kerjasama serta dukungan semua pihak secara bersama – sama dan terpadu.