Foto untuk : DRD SITUBONDO GELAR FGD PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) di KABUPATEN SITUBONDO

DRD SITUBONDO GELAR FGD PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) di KABUPATEN SITUBONDO

SITUBONDO Bertempat di Ruang Rapat Baluran Sekretariat Daerah Kabupaten Situbondo, Selasa 21 Nopember 2017, Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Situbondo menyelenggarakan kegiatan FGD (Fokus Group Disscussion) dengan tema Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Situbondo. Acara dihadiri oleh unsur OPD, BUMD, serta beberapa perwakilan pemangku kepentingan yang lain dan acara dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Drs. H. Syaifullah, MM.

Kegiatan FGD (Fokus Group Disscussion) mempunyai tujuan mendapatkan masukan, saran dari peserta yang hadir dalam menggali potensi-potensi sumberdaya yang prioritasnya masalah PAD. Dewan Riset Daerah (DRD) sebagai inisiator pelaksanaan FGD nantinya akan merekomendasikan kepada Bupati Situbondo, yang tentunya akan menjadi tindak lanjut dalam mewujudkan kemampuan dan kemandirian daerah serta memperkuat struktur penerimaan daerah, mau tidak mau peranan PAD harus ditingkatkan, karena merupakan salah satu tolak ukur kemampuan dan cermin kemandirian daerah. Dalam sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo menegaskan bahwa minimnya perolehan PAD masih dianggap sebagai hambatan dan ini harus menjadi evaluasi secara sungguh-sungguh oleh daerah khususnya kabupaten situbondo. Sehingga dengan peningkatan PAD daerah akan memeberikan dorongan terhadap kemajuan kesejahteraan masyarakat.

Selajutnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Situbondo Drs. H. Haryadi Tejo Laksono, M,Si dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pelaksanaan FGD ini diharapkan untuk memperkuat struktur penerimaan serta optimalisasi PAD, beberapa langkah yang dapat ditempuh antara lain, pertama Melakukan upaya pengusahaan atau penggalian yang baru Kedua Intensifikasi dan ekstensifikasi pajak dan restribusi daerah. Dengan melakukan intensifikasi berarti daerah setidaknya melakukan langkah intensifikasi terhadap komponen penerimaan daerah. Optimalisasi tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pembenahan pada system manajemen perusahaan daerah yang ada melalui Balance Score Card based planning. Hadir pula pada acara tersebut Dr. Suyanto Waspo Tondo, M.Si Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banyuwangi selaku Narasumber yang juga mengikut sertakan Kepala Badan Pendapatan Kabupaten Banyuwangi pada acara tersebut.