Foto untuk : KABUPATEN SITUBONDO MERAIH PENGHARGAAN SWASTISABA WIWERDA TAHUN 2017

KABUPATEN SITUBONDO MERAIH PENGHARGAAN SWASTISABA WIWERDA TAHUN 2017

Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang mendapatkan penghargaan Swasti Saba Kota Sehat Tahun 2017.

Penghargaan Kabupaten Sehat tingkat Nasional Swastisaba Wiwerda diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F Moeloek kepada Bupati Dadang WigiartoPada hari selasa tanggal 28 Nopember 2017 bertempat di Ruang Bhakti Praja Kemendagri Jakarta Pusat.

Hadir juga dalam kesempatan ini Kepala daerah seluruh indonesia yang daerahnya meraih penghargaan yang sama.

Menkes Nila menyebutkan bahwa penyerahan penghargaan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang sudah dimulai sejak bulan Desember 2016. Penilaiannya terdiri dari beberapa tahap yaitu persiapan, seleksi kabupaten/kota dari hasil verifikasi dokumen, serta verifikasi lapangan.

Dari 178 kabupaten/kota yang mengirimkan dokumen kota sehat, pada akhirnya tim verifikasi pusat memilih 122 kabupaten kota yang terdiri dari 61 kabupaten/kota sehat untuk klasifikasi pengembangan, 42 kabupaten/kota sehat untuk klasifikasi pembinaan, dan 19 kabupaten/kota sehat untuk klasifikasi pemantapan.

Terdapat 9 tatanan yang menjadi penilaian tim verifikasi Kementerian Kesehatan di antaranya, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, sarana lalu lintas, tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata, ketahanan pangan dan gizi, masyarakat sehat dan mandiri, kehidupan sosial yang sehat, tatanan pertambangan dan kehutanan.

Ketua Forum Kota Sehat Kabupaten Situbondo, Agus Ari menyampaikan, penghargaan ini adalah satu bentuk komitmen Kabupaten Situbondo sebagai Kabupaten Sehat.

“Tahun 2018 yang akan datang, Forum Kota Sehat akan meningkatkan cakupan penyelenggaraan kabupaten sehat dengan menambah 2 tatanan meliputi seluruh kecamatan di Kabupaten Situbondo, “ kata Agus saat ditemui di Kantor FKS Kabupaten Situbondo di Jalan Moch Seruji Kelurahan Patokan, Selasa, (28/11/2017).

Menurut Agus, Cakupan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kriteria kabupaten sehat menuju tingkat Swasti Saba Wistara, Dengan demikian progres Kabupaten Situbondo dalam menyelenggarakan Kabupaten Sehat semakin meningkat.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Kepala BAPPEDA Kabupaten Situbondo, Drs. H. Haryadi Tejo Laksono, M.Si, “kami sampaikan Ucapan terima kasih kepada masyarakat Situbondo, Stake Holder termasuk seluruh pengurus FKS, FKKS dan Pokja Desa Sehat lebih – lebih dukungan dari Bupati Situbondo dan Wakil Bupati Situbondo serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Situbondo Selaku Pembina FKS Kabupaten Situbondo, “ ucapnya.

Beliau berharap dengan penerimaan penghargaan ini menjadi motivasi terhadap meningkatnya kesadaran berperilaku bersih dan sehat, dia juga mengajak masyarakat di Kabupaten Situbondo tetap menjaga kebersihan dan kesehatan baik secara individu maupun lingkungan.