Foto untuk : KEPALA BAPPEDA OPTIMIS MUSRENBANG LEBIH EFEKTIF

KEPALA BAPPEDA OPTIMIS MUSRENBANG LEBIH EFEKTIF

Kamis, 30 januari 2020, berlokasi di Aula Binaloka, BAPPEDA melaksanakan kegiatan bimbingan teknis pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan. Kegiatan ini mendatangkan narasumber Yusuf Murtiono yang merupakan Presidium FORMASI asal Kab. Kebumen. Acara ini dihadiri oleh 17 (Tujuh belas) Kecamatan Se-Kabupaten Situbondo dengan menghadirkan Kasi Ekonomi Pembangunan sebagai penanggung jawab kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan, fasilitator Musrenbang dan operator SIRKA Musrenbang Kecamatan. Adapun arahan yang disampaikan oleh Kepala BAPPEDA saat acara adalah diharapkan kualitas usulan harus benar sesuai prioritas kebutuhan dan kemampuan pendanaan dan usulan yang bersifat infrastruktur harus berdasarkan kepastian status kepemilikan aset.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan mekanisme pelaksanaan musrenbang kepada petugas Kecamatan agar kegiatan ini mampu secara optimal dilaksanakan sebagai forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan dalam rangka mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa/Kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas Desa/Kelurahan di Kecamatan yang bersangkutan.
Diakhir paparan Kabid Litbangper menambahkan, pihak Kecamatan diharapkan memberikan arahan kepada delegasi Desa/Kelurahan agar berpedoman kepada dokumen RPJMD dalam menentukan program kegiatan yang dibawa ke forum musrenbang tingkat Kecamatan. Kegiatan bimbingan teknis ini, ditutup dengan pelaksanaan pelatihan operator SIRKA Kecamatan yang dipandu oleh saudara Noval staf litbangper.