Foto untuk : Lounching dan Bimbingan Teknis Bank Sampah Forum Kota Sehat Tahun 2017

Lounching dan Bimbingan Teknis Bank Sampah Forum Kota Sehat Tahun 2017

Masalah sampah bukanlah permasalahan yang bisa dibiarkan begitu saja. Diperlukan tindakan nyata dan kerjasama oleh setiap lapisan masyarakat dan bank sampah bisa menjadi solusinya. Timbunan sampah yang terus menumpuk akan berakibat buruk bagi kesehatan lingkungan serta menimbulkan berbagai penyakit dan sampah rumah tangga merupakan penyumbang sampah terbesar. Sementara, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersedia tidak akan bisa menampung sampah yang terus menerus dihasilkan masyarakat jika masyarakat tidak mulai bertindak untuk mengurangi sampah yang dihasilkan.

Untuk itulah penanganan masalah sampah harus dimulai dari sumbernya. Bank sampah adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya. Sistem ini akan menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah.

Menindak lanjuti hal tersebut pada hari Selasa tanggal 16 Mei 2017 bertempat di ruang Aula Lantai II Pemkab Situbondo diadakan acara Launching dan Bimbingan Teknis Bank Sampah Kota Sehat Kabupaten Situbondo Tahun 2017. Acara ini merupakan lanjutan dari sosialisasi penyelenggaraan bank sampah yang mana di hadiri oleh seluruh cleanig service di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten Situbondo. Hadir pula dalam acara ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo, Bapak Holil dan Kepala Bappeda yang dalam hal ini di wakili oleh Sekretaris Badan Bapak Edy Wiyono, S.Sos, M.Si, Ketua Forum Kota Sehat Bapak Agus Ari dan ketua Bank sampah Bapak Kamal.

Dengan adanya bank sampah, pengelolaan sampah diharapkan menjadi lebih positif dan bahkan menguntungkan. Bank Sampah merupakan solusi yang tepat untuk pengelolaan sampah lingkungan. Dengan diadakannya sosialisasi mengenai bank sampah yang disertai dengan edukasi mengenai pemilahan sampah, diharapkan masyarakat bisa ikut bergabung menjadi nasabah serta ikut membantu menjaga lingkungan disekitarnya.