Foto untuk : PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL BAGI CALON DESA PENERIMA PROGRAM PAMSIMAS

PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL BAGI CALON DESA PENERIMA PROGRAM PAMSIMAS

Tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Kelompok Kerja (Pokja) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Kabupaten Situbondo akan kembali melakukan seleksi untuk memilih calon desa sasaran program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah perdesaan dan pingiran kota.

Pemilihan desa sasaran dilakukan berdasarkan seleksi proposal dan evaluasi Rencana Kerja Masyarakat (RKM) desa. Pelatihan Penyusunan Proposal Program Pamsimas Tahun 2017 dilaksanakan di Ruang Pangripta Bappeda Kabupaten Situbondo pada 26 Juli 2017, dihadiri oleh Tim Penyusun proposal dan kader AMPL dari 25 desa calon sasaran pamsimas Tahun 2017.

Penjaringan calon desa sasaran diawali dengan sosialisasi kabupaten pada tanggal 23 maret 2017 dengan mengundang 57 desa rawan akses air minum, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan sosialisasi di tingkat desa. Tujuan dari sosialisasi tingkat desa salah satunya adalah membentuk tim penyusun proposal desa dan kader AMPL. Dari 57 desa yang diundang pada sosialisasi kabupaten, sebanyak 25 desa menyatakan minat untuk mengikuti program Pamsimas tahun 2017.

Dalam penutupannya, Ketua pokja AMPL Kabupaten Situbondo, Drs. Haryadi tejo Laksono, M.Si mengharapkan kepada tim penyusun proposal desa agar menyusun proposal dengan benar sesuai dengan format yang terdapat dalam petunjuk teknis program Pamsimas, sehingga Pokja AMPL melaui Panitia Kemitraan dapat melakukan verifikasi dan seleksi proposal sesuai dengan kriteria dan selanjutnya dilaporkan kepada Bupati Situbondo.