Foto untuk : SEKNAS SLRT MELAKUKAN KUNJUNGAN KE BAPPEDA SITUBONDO

SEKNAS SLRT MELAKUKAN KUNJUNGAN KE BAPPEDA SITUBONDO

BAPPEDA SITUBONDO - Sekretaris Nasional (Seknas) Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Kementrian Sosial (Kemensos) RI melakukan kunjungan ke Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Situbondo selama tiga hari, Rabu – Jum’at (23-25/08/2017).

Sekretaris Nasional (Seknas) SLRT Kemensos RI, Puji Dwi Antono menyampaikan bahwa kunjungannya kali ini dimaksudkan untuk melakukan koordinasi khusus dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Bappeda selaku Sekretariat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) tentang kegiatan Monitoring & Evaluasi yang dilaksanakan oleh Bappeda Situbondo sekaligus melaksanakan Focuss Group Discussion (FGD) guna menggali informasi yang sebanyak-banyaknya tentang progress pelaksanaan SLRT di Kabupaten Situbondo, termasuk kendala dan permasalahan yang dihadapi. “SLRT ini hadir menjawab tiga permasalahan yang dihadapi bangsa ini yakni kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan, dan bermaksud untuk memberikan kemudahan kepada rumah tangga miskin dan masyarakat miskin untuk mendapatkan hak-haknya,” terang Puji Dwi Antono dihadapan Kepala Bappeda, Drs. H. Haryadi Tejo Laksono,M.Si yang hadir membuka FGD tersebut.

Puji berharap, Pemerintah Daerah dapat mendukung SLRT dengan memberikan payung hukum berupa Peraturan Bupati dan Peraturan Daerah. “Perlu adanya payung hukum dan MoU antara SLRT dengan berbagai dinas terkait melalui TKPKD agar SLRT dapat berjalan secara efektif sehingga berbagai program pengentasan kemiskinan tepat sasaran terhadap masyarakat miskin yang betul-betul membutuhkan,” ujar Seknas SLRT ini saat memberikan arahan.

FGD yang diikuti 11 orang pelaksana SLRT di Tingkat Kabupaten yang terdiri dari perwakilan fasilitator SLRT 3 orang, supervisor 3 orang, manager 1 orang, front dan back office 2 orang dan petugas Puskesos 2 desa sebanyak 2 orang ini dihadiri M&E Advisor Seknas SLRT, Tania Dora Waroka, Kepala Bappeda Kabupaten Situbondo,Kabid. Sosial Budaya & Pemerintahan Bappeda, Kasubbid. Aparatur & Pemerintahan, Kasubbid. Pendidikan & Kesehatan dan Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda.

Kepala Bappeda, Drs. H. Haryadi Tejo Laksono,M.Si selaku Sekretaris TKPKD Situbondo dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar Data SLRT dapat selaras dengan Analisa Kemiskinan Partisipatif (AKP) di Kabupaten Situbondo. “Pada dasarnya Bupati Situbondo menyambut positif SLRT ini karena memiliki tujuan yang sama dengan AKP,yaitu sebagai ‘tool’ bagi pengentasan kemiskinan di Indonesia khususnya di Kabupaten Situbondo, namun sehubungan dengan TKPKD Situbondo saat ini juga sedang membangun satu data tunggal kemiskinan Daerah melalui Analisa Kemiskinan Partisipatif (AKP) yang sudah berjalan sejak sebelum SLRT dikerjasamakan dengan Kabupaten Situbondo, maka data SLRT ini nantinya harus sama dengan data AKP. Untuk itu harapan saya para pelaksana SLRT Kabupaten Situbondo di semua lini turut mengawal aktif proses berjalannya AKP di Situbondo sehingga data AKP yang akan dimasukkan kedalam SLRT merupakan data yang sama dan tingkat validitasnya dapat diakui semua pihak., baik yang di tingkat Kabupaten maupun di Tingkat Pusat.” pesannya.

Pada kesempatan ini, Seknas SLRT bersama Bappeda Kabupaten Situbondo langsung melakukan uji coba aplikasi monitoring dan evaluasi SLRT dalam memvalidasi data masyarakat miskin yang berbasis IT dan terkoneksi dengan Setnas SLRT Kemensos RI