Foto untuk : SIRKA MENUNTUN DESA LEBIH MAKSIMAL DALAM PROSES PERENCANAAN

SIRKA MENUNTUN DESA LEBIH MAKSIMAL DALAM PROSES PERENCANAAN

Di awal langkah setelah Kabupaten Situbondo mendapat Predikat SAKIP bernilai A pada tanggal 27 Januari 2020, dimana predikat tersebut hanya dapat dinikmati oleh 10 Kabupaten/kota se-Indonesia. BAPPEDA Kabupaten Situbondo sebagai leading sektor Perencanaan bergerak cepat dalam upaya mempertahankan dan menularkan semangat perencana hingga tingkat desa. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada Operator Desa sebagai upaya peningkatan kualitas dokumen rencana pembangunan daerah melalui Sistem Informasi Perencanaan dan Keuangan Akrual atau yang dikenal dengan SIRKA.
Sosialisasi ini dimulai dari tanggal 28-30 Januari 2020 di Ruang Pangripta Bappeda Kabupaten Situbondo. Dalam sambutannya Kepala BAPPEDA Kabupaten Situbondo, Ibu Dra. Hj. TRI CAHYA SETIANINGSIH, M.M menyampaikan terima kasih kepada peserta karena telah antusias untuk mengikuti acara ini dan telah melaksanakan apa yang direncanakan oleh Desa telah linier dengan Visi-misi yang diprioritaskan Kepala Daerah, sehingga pada tahun 2019 lalu Kabupaten Situbondo mempunyai banyak sekali prestasi dan telah dinobatkan menjadi Kabupaten yang terentaskan dari Kategori Kabupaten/kota tertinggal.
Sementara itu Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan pada Kabupaten Situbondo, Ibu Diani Dyah Pitaloka, S.E, M.M memaparkan tentang latar belakang pentingnya optimalisasi penerapan aplikasi SIRKA yaitu belum optimalnya sinkronisasi perencanaan mulai dari tingkat bawah desa, kecamatan dan kabupaten. Oleh karena itu diharapkan kepada para Operator Desa untuk mengikuti sosialisasi dan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh karena akan berdampak kepada jalannya Roda Ekonomi dan Pemerintahan Kabupaten Situbondo pada tahun 2021.