Foto untuk : SOSIALISASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DALAM RANGKA P

SOSIALISASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DALAM RANGKA P

KelompokKerja Air MinumdanPenyehatanLingkungan (Pokja AMPL) KabupatenSitubondomelaluiPanitia Kemitraan (Pakem) mengadakan Sosialisasi Kabupaten Program Pamsimas IIIpadatanggal 18 September 2019 bertempat di RuangRapatPangriptaBappedaKabupatenSitubondo.
Sosialisasi ini mempunyai arti penting dalam penyebarluasan informasi terkait program pamsimas sebagai upaya percepatan akses pelayanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat melalui kolaborasisumber pendanaan.Untuk mencapai target 100% air minum dan sanitasi di Kabupaten Situbondo jelas membutuhkan nilai investasi yang besar sehingga diperlukan kolaborasisumber pendanaan seperti APBN, APBD,APBDesa, SwadayaMasyarakatsertaKerjasama Swasta dan lain-lain.

Program Pamsimas merupakan salah satu program nasional dalam penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat dengan dukungan dana dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kontribusi masyarakat. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum sebagai leading sektor bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan. Tujuan program Pamsimas secara umum adalah meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan dan daerah pinggiran kota serta menerapkan praktik hidup bersih dan sehat dengan membangun model penyediaan prasarana dan sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan dan diadaptasi oleh masyarakat.

Air minum layak sebagaimanaPeraturanPemerintahNomor 16 Tahun 2005 TentangPengembanganSistemPenyediaan Air Minumadalah akses air minum dengankriteria :Keterjangkauan, kontinuitas, Kuantitas, danKualitas. Berdasarkan data pada DTD AKP tahun 2018 capaian akses air minum layak di Kab Situbondo mencapai 79,63% dan hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Situbondo terus berupaya menuntaskan pemenuhan air minumlayak untuk seluruh masyarakat, salah satunya melalui pelaksanaan program Pamsimas.

PemerintahKabupatenSitubondotelah melaksanakan Program PAMSIMAS Sejak Tahun 2014, danhingga saat ini telahdilaksanakan di 68 Desa.PadasosialisasiSaat ini Pokja AMPL melalui PAKEM mengundang 24 Desa dari 11 Kecamatan sebagai Calon Desa Sasaran Program Pamsimastahun2020, selanjutnya akan dipilih 15 Calon Desasasaran. Hadir dalam kegiatan ini 16 Desa, 11 Kecamatan, Fasilitator Program Pamsimas, DPMU dan anggota Pakem.Selanjutnyabagidesa yang menyatakanberminatmengikuti program PAMSIMAS akanditindaklanjutidenganpelaksanaanSosialisasiDesauntukmemberikanpemahamankepadamasyarakattentang program PAMSIMAS.

Harapannya, melalui Program Pamsimas ini masyarakat semakin cerdas dan bijak dalam mengelola dan memanfaatkan air minumsehingga kebutuhan akses air minum layak dapat terpenuhi.