SOSIALISASI VALIDASI DATA AKP KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2018
Foto untuk : SOSIALISASI VALIDASI DATA AKP KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2018

SOSIALISASI VALIDASI DATA AKP KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2018

UPAYA BERKESINAMBUNGAN BAPPEDA SITUBONDO DALAM MEWUJUDKAN IMPLEMENTASI DATA TUNGGAL UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI SITUBONDO.

SITUBONDO (21/3/2018) - Dalam meningkatkan kualitas data tunggal upaya penanggulangan kemiskinan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Situbondo kembali menggelar Sosialisasi Validasi Data Analisa Kemiskinan Partisipatif (AKP) Kabupaten Situbondo Tahun 2018 bertempat di Ruang Rapat Graha Wiyata Praja (Aula Lantai II) Sekretariat Daerah Kabupaten Situbondo, Rabu 21 Maret 2018. Acara Sosialisasi Validasi ini dihadiri oleh Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si., Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Drs. H. Syaifullah, MM, Narasumber Presidium Formasi Kebumen, K.H Yusuf Murtiono yang sangat dikenal kiprahnya dalam pemberdayaan desa sekaligus ikut membentuk embrio Undang Undang Desa, Kepala Bappeda Kabupaten Situbondo Drs. H. Haryadi Tejo Laksono, M.Si, para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi terkait, Camat se-Kab. Situbondo, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) se- Kabupaten Situbondo, serta ratusan Kepala Desa. Dalam laporannya, Kepala Bappeda Kab. Situbondo, Drs. H. Haryadi Tejo Laksono, M.Si mengungkapkan tentang maksud dan tujuan Sosialisasi Validasi Data AKP ini.

Kepala Bappeda menyampaikan bahwa melalui validasi data AKP ini diharapkan dapat diperoleh Data Rumah Tangga Miskin yang akurat sebagai bahan penyusunan kebijakan dan pengambilan keputusan penanganan penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran. Selain itu, diharapkan upaya penanggulangan kemiskinan yang selama ini cenderung bersifat parsial dan tidak berkelanjutan menjadi upaya penanggulangan kemiskinan yang bersifat holistik-integratif dan terkoordinasi. Kedua hal ini sudah seharusnya menjadi semangat utama dari kegiatan AKP, mengingat pendataan AKP memang didesain untuk selalu diverifikasi dan divalidasi setiap tahun, karena data penduduk ini merupakan data dinamis, sehingga upaya penanggulangan kemiskinan akan menjadi tepat sasaran.

Wakil Bupati Situbondo, H. Yoyok Mulyadi, M.Si.,saat membuka secara resmi validasi data ini, menyampaikan apresiasi kepada desa-desa yang telah berhasil menyelesaikan pendataan AKP Tahun 2017. Menurut Wakil Bupati, hal ini merupakan bentuk nyata upaya Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui kepanjangan tangannya di desa-desa untuk menanggulangi kemiskinan. Selain itu beliau menekankan pentingnya AKP sebagai Basis Data Tunggal Program Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Situbondo yang wajib digunakan oleh seluruh Pemerintahan Desa dan tiap Perangkat Daerah serta Institusi dalam rangka Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Situbondo.

Kegiatan Validasi Data AKP ini dilanjutkan dengan paparan yang dilakukan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Situbondo dan Yusuf Murtiono selaku Ketua Presidium Formasi Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Diharapkan kegiatan ini dapat memulai upaya validasi penyelesaian data AKP. Bappeda Kab. Situbondo beserta tim AKP Kabupaten bertekad mengawal kesuksesan validasi data AKP. Dengan validasi data AKP ini, diharapkan tidak ada lagi perbedaan antara data penduduk miskin Daerah dan Pusat. Oleh karena itulah Bappeda merasa optimis bahwa aplikasi ini akan terus memberi efisiensi & efektivitas serta percepatan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Situbondo.