Foto untuk : STUDI BANDING BAPPEDA PACITAN KE BAPPEDA SITUBONDO TENTANG APLIKASI SIRKA

STUDI BANDING BAPPEDA PACITAN KE BAPPEDA SITUBONDO TENTANG APLIKASI SIRKA

Bappeda Situbondo - Bappeda Situbondo kembali menerima kunjungan Studi Banding tentang aplikasi Sistem Informasi Perencanaan dan Keuangan Akrual (SIRKA). Kesempatan kali ini dari Bappeda Pacitan berkunjung pada hari kamis (19/10/2017) lalu. Rombongan tiba di Bappeda Situbondo sekitar pukul 12 siang dan diterima di Ruang Rapat Kepala Bappeda Situbondo oleh Sekretaris Bappeda Situbondo beserta pejabat eselon. Rombongan Bappeda Pacitan yang berjumlah 4 orang terdiri dari Sekretaris Bappeda Pacitan, Kasubbag Keuangan dan Perencanaan serta 2 orang staff.

Sekretaris Bappeda Situbondo menyambut hangat kedatangan Bappeda Pacitan di Kabupaten Situbondo. Dengan tangan terbuka Bappeda Situbondo siap bertukar informasi dan ilmu dalam hal perencanaan dengan Bappeda Pacitan sambutnya.

Sekretaris Bappeda Pacitan menyampaikan keinginan Pemkab belajar lebih jauh tentang SIRKA yang digunakan Pemkab Situbondo. Terkait bagaimana proses perencanaan dan Sakip dalam pengaplikasiannya di dalam aplikasi SIRKA.

Pada tahap awal komitmen antar pimpinan sangat diperlukan dalam terwujudnya penerapan aplikasi SIRKA untuk menggantikan peran aplikasi SIMDA yang digunakan sebelumnya. Pada awalnya Aplikasi SIRKA diberi nama Sistem Informasi Perencanaan dan Keuangan Daerah (SIPKD), yang kemudian disepakati menjadi SIRKA.

Terdapat 3 pilar utama dalam terwujudnya penerapan aplikasi SIRKA di Situbondo. Pertama Dinas Kominfo, dimana perannya menyiapkan sarana dan prasarana terkait Teknologi Informasi. Persiapan jaringan dan koneksi internet untuk kebutuhan aplikasi, pengelolaan server beserta aplikasi pendukungnya. Yang kedua Bappeda dari sisi pematangan perencanaannya dan yang ketiga BPPKAD dari sisi penatausahaan keuangannya.

Informasi mengenai aplikasi SIRKA, Kabid Litbang dan Perencanaan Pembangunan, menjelaskan beberapa modul-modul yang terdapat dalam proses perencanaan, dan pengembangan yang akan dilakukan kedepan bersama BPPT dengan menambahkan modul terkait dengan SAKIP.

Diskusi santai berlangsung sampai acara berakhir sekitar pukul 16:00 WIB.