Visi Dan Misi

VISI, MISI, TUJUAN STRATEGI KEBIJAKAN

I. VISI SKPD

Untuk dapat terlaksananya tugas pokok dan fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Situbondo, dalam upaya peningkatan pelayanan BAPPEDA, telah ditetapkan Visi yaitu : "Terwujudnya Perencanaan Pembangunan Yang Partisipatif dan Berkualitas Didukung Tersedianya Sumber Daya Manusia Perencana Yang Handal" Pernyataan visi diatas dimaksudkan untuk menjadikan BAPPEDA sebagai lembaga yang Profesional dalam merespon aspirasi masyarakat dengan tetap memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku sesuai dengan tuntutan global dalam menghasilkan suatu perencanaan Kabupaten yang transparan, akuntabel dan partisipatif untuk mendukung terwujudnya Situbondo yang cerdas dan peduli.

II. MISI SKPD

untuk mendukung perwujudan visi, maka misi yang akan dijalankan adalah :

Misi Ke-1 : "Mewujudkan Perencanaan Yang Integratif dan Implementatif" Pernyataan Misi Pertama ini memiliki dua maksud utama, yaitu :

1. Integratif Bahwa setiap perencanaan harus dilaksanakan secara koordinatif dan sinkron terhadap skala waktu, tingkat pemerintahan, tingkat kepentingan, dan skala wilayah dengan melibatkan semua pemangku kepentingan (stakeholders).

2. Implementatif Bahwa setiap perencanaan harus dapat dioperasionalkan dan menuju pada penetapan produk hokum, sehingga mengikat semua pihak untuk melaksanakannya.

Misi Ke-2 : “Optimalisasi Fungsi Evaluasi, Monitoring, dan Pengendalian Program Pembangunan” Pernyataan misi kedua ini memiliki maksud, bahwa setiap perencanaan harus ditindaklanjuti dengan monitoring dan evaluasi sebagai salah satu masukan dalam proses perencanaan berikutnya.

Misi Ke-3: “Meningkatkan Kualitas dan Kreatifitas SDM Perencana” Pernyataan misi ketiga ini memiliki maksud, bahwa setiap perencanaan harus didukung oleh staf perencana yang berkualitas dan kreatif.

III. TUJUAN

Tujuan yang telah dirumuskan dan ditetapkan sebagai landasan untuk melaksanakan kegiatan adalah :

1. Terwujudnya peran rencana tata ruang dalam pembangunan;

2. Terwujudnya perencanaan pembangunan yang aspiratif, partisipatif dan bertanggung jawab;

3. Terwujudnya pengendalian program pembangunan agar tetap sesuai dengan rencana;

4. Meningkatnya kualitas dan kreatifitas SDM perencana;

5. Terpenuhinya kebutuhan administratif perkantoran;

Sedangkan sasaran dari Tujuan yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatnya penataan kawasan daerah sesuai dengan RTRW;

2. Tersusunya perencanaan jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang, antar daerah maupun perencanaan sektoral dan lintas sektor yang terintegrasi dan selaras dengan perencanaan provinsi dan nasional;

3. Tersusunnya data pembangunan ekonomi, sosial dan budaya daerah;