Replikasi Litbang Kemendagri terhadap Inovasi DTD AKP
21 Apr
Replikasi Litbang Kemendagri terhadap Inovasi DTD AKP

Pada Selasa, 20 April 2021 Tim Litbang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dipimpin oleh Isman AP sebagai Analis Kebijakan Ahli Muda berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Situbondo. Acara berlangsung di ruang rapat Intelligence Room dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Syaifullah,MM. Tujuan dari kedatangan Kemendagri yaitu hendak melaksanakan kegiatan penerapan pilot project inovasi daerah yang bersifat tematik. Pilihan inovasi yang nantinya akan di repilkasi oleh kemendagri adalah Data Tunggal Daerah Analis Kependudukan Partisipatif atau biasa dikenal dengan DTD-AKP.
Aplikasi data kemiskinan yang semula bernama E-DesaNow (sistem informasi terpadu perencanaan partipatif supra Desa) yang di update dan upgrade menjadi Data Tunggal Daerah Analisa Kependudukan Partisipatif (DTD-AKP). DTD-AKP merupakan sebuah basis data spasial desa agregat yang disusun dengan metode partisipatif sebagai dasar perencanaan pembangunan desa dan kabupaten. Dengan basis data tersebut pemerintah bisa mengontrol tingkat kemiskinan masyarakat, mulai dari sangat miskin, miskin, hampir miskin, dan rentan miskin. Selain itu, data kemiskinan bisa didapatkan dengan valid, sehingga kebijakan dan bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran. DTD AKP merupakan salah satu Inovasi unggulan dengan nilai indeks inovasi tertinggi yang di nilai oleh Kemendagri.
Isman AP menyebutkan DTD AKP ini menarik, karena tidak mudah menyatukan beberapa perangkat daerah untuk mengembangkan data tunggal yang datanya bisa dipakai untuk menentukan kebijakan di semua perangkat daerah. Inovasi ini akan kami replikasi dengan menggabungkan aplikasi data tunggal milik Banyuwangi, nantinya akan diterapkan ke seluruh kabupaten/kota.

DOKUMENTASI