BAPPEDA LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI PENINGKATAN IPM KABUPATEN SITUBONDO
07 Jan
BAPPEDA LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI PENINGKATAN IPM KABUPATEN SITUBONDO

Dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Situbondo, maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Situbondo melaksanakan Rapat Koordinasi Peningkatan IPM Kabupaten Situbondo. Rapat ini diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 6 Januari 2022 bertempat di Ruang Rapat Binaloka Lantai 2 BAPPEDA Kabupaten Situbondo.

 Rapat ini dipimpin secara langsung oleh Kepala BAPPEDA Kabupaten Situbondo, Drs. Sugiyono, M.Pd.I. Pada kesempatan ini hadir Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan. Selain itu hadir pejabat eselon II dan III dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, dan Dinas Peternakan dan Perikanan. Turut hadir Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Situbondo, Bapak Bagas Susilo, S.ST, M.Si., selaku narasumber.

Dalam sambutannya, Kepala BAPPEDA menekankan bahwa IPM merupakan tolok ukur kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu daerah. Maka, sudah seharusnya Pemerintah melakukan upaya-upaya maksimal dalam meraih IPM yang tinggi. Kepala BPS menyampaikan dalam paparannya, bahwa terdapat tiga komponen IPM, yakni Dimensi Kesehatan (umur panjang dan hidup sehat), Dimensi Pengetahuan (Harapan Lama Sekolah (HLS) dan Rata-rata Lama Sekolah (RLS), dan Dimensi Pendapatan (Standar Hidup Layak).  

Strategi peningkatan IPM di Kabupaten Situbondo dapat dicapai dengan intervensi pemerintah pada tataran input, process, dan output. BPS akan memotret tataran outcome dan impact dari intervensi program dan kegiatan yang meningkatkan IPM. Akhirnya, diperlukan koordinasi dan kerja sama yang baik demi peningkatan IPM di Kabupaten Situbondo sebagai syarat terwujudnya Situbondo BERJAYA (Berakhlak, Sejahtera, Adil, dan Berdaya).