Pelatihan Pemutakhiran Data Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Situbondo Tahun 2023
01 Mar
Pelatihan Pemutakhiran Data Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Situbondo Tahun 2023

Pelatihan Pemutakhiran Data Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Situbondo Tahun 2023

Pada hari Rabu 1 Maret Bappeda Situbondo melaksanakan Pelatihan dalam rangka  Pemutakhiran Data Perencanaan Pembangunan Daerah & Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Situbondo Tahun 2023 di Aula Lantai II Setdakab Situbondo. Turut hadir dalam pelatihan Kasi Kesra dari 17 Kecamatan beserta TKSK (Tenaga Kesejahteraan Soaial Kecamatan), Pendamping Desa dan Operator dari 132 Desa dan 4 Kelurahan. Didalamnya termuat Indikator data sosial ekonomi masyarakat, termasuk indikator KEMISKINAN EKSTREM, dan sekaligus pembaruan (update) Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID).

Pemutakhiran Data Kemiskinan Ekstrem ini merupakan satu rangkaian kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten sampai Pemerintah Desa. Prinsip yang dianut dalam pemutakhiran data ini adalah prinsip partisipatif. Adapun basis partisipatif adalah seluruh proses dan tahapan yang dibangun mengutamakan prinsip-prinsip transparansi dan melibatkan komponen masyarakat. Sehingga metodologi ini ditetapkan mulai tahap awal sosialisasi sampai selesai pengolahan data. Secara garis besar proses pemutakhiran data ini dibagi dalam tiga tahap:

  • Pertama, tahap persiapan,
  • Kedua, tahap pelaksanaan pendataan, dan
  • Ketiga, tahap penetapan dan pelaporan. Pada tahap ini (persiapan), Pemerintah Kabupaten Situbondo mensosialisasikan regulasi dan pedoman pendataan kepada desa/kelurahan dan kecamatan serta memberikan pelatihan Tata Cara Pemutakhiran Data Kemiskinan Ekstrem.